11.5.10

Tidak Punya Ide







Menulis saat ini sudah sya jadikan kebiasaan sehari-sehari selain makan,tidur,kuliah, dan bernafas. apapun itu jika layak menjadi karya tulisan pasti sya tulis dalam blog ini. namun sungguh sangat menyesakkan kalo seandainya tidak punya ide untuk memulai menulis, untuk memunculkan ide banyak hal yang biasanya sya lakukan, diantaranya membaca (apapun itu), menonton, berimajinasi, dan terkadang diam seribu bahasa memikirkan apa yang harus saya tulis sambil berkata "Ya Alloh tolong kirimkan ide untuk menulis pada hari ini" (kan usaha harus dibarengi dengan doa betul nggak??he) inget! ini cara sya loh, silahkan plagiat kalo seandainya itu membantu..hehe tidak mempunyai ide  sering menjadi permasalahan oleh para penulis awam seperti sya, dan sya rasa setiap penulis pun pernah merasakannya, namun setiap penulis mempunyai cara masing-masing untuk memunculkan ide contoh nya Asma Nadia mengatakan seperti ini
“Buka bukan hanya mata dan telingamu, tetapi semua panca indera, dan aktifkan hatimu ketika satu peristiwa, adegan, kalimat menyapa dirimu. bangun Imajinasimu dan tuangkan tanpa menunggu hari esok!” (Asma Nadia)
ketika sya hendak menulis tentang "Tidak Punya ide"  sya sempat tidak akan menulis pada hari ini, hingga akhirnya munculah ide untuk menulis "Tidak Punya Ide". nah sebenarnya "siapa" sih IDE ini mari kita bahas sedikit.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB), ide adalah rancangan yang tersusun di pikiran. Artinya sama dengan gagasan atau cita-cita. Ide dalam kajian Filsafat Yunani maupun Filsafat Islam menyangkut suatu gambaran imajinal utuh yang melintas cepat. Misalnya: ide tentang sendok, muncul dalam bentuk sendok yang utuh di pikiran. Selama ide belum dituangkan menjadi suatu konsep dengan tulisan maupun gambar yang nyata, maka ide masih berada di dalam pikiran.(Wikipedia) nah kurang lebih itulah ide.
beberapa saran yang bisa sya berikan dan masih sya lakukan/praktekkan yang saya dapatkan dari teman-teman blogger lain :

  • Tulis apa yang kita lihat dan lihat apa yang kita tulis (bermutu atau tidak bermutu)

  • Menulis segala hal yang berkaitan dengan profesi atau pekerjaan yang sedang kita geluti saat ini.

  • Membaca (blogwalking, koran, majalah dan lain-lain)

  • Melihat dan mendengarkan berita di TV dan Radio

  • Merenung dan mengingat-ingat suatu kejadian yang pernah kita alami atau orang dekat kita, entah itu kejadian lucu, tragis, romantis atau kejadian lain yang layak kita publikasikan.

  • Mengamati perkembangan atau kejadian di sekeliling kita


panjang juga ya sya nulis...haha (masang muka heran) padahal sungguh sangat tidak punya tidak ada yang mengalir sebelumnya. Alhamdulillah ternyata Alloh SWT mengabulkan do'a sya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya amin.  mari berkarya

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

Share/Bookmark

2 comments:

hermanbagus mengatakan...

Meninggalkan jejak disini sobb

Unknown mengatakan...

monggooo

Posting Komentar